Indonesia Vs Malaysia pada Konflik Ambalat

Seperti diketahui, seolah-olah belum puas atas segala hal yang mereka rebut, Malaysia mencoba untuk “merebut” sesuatu lagi dari Indonesia, yaitu Ambalat. Ambalat merupakan daerah yang kaya akan cadangan minyak dan merupakan salah satu daerah dengan cadangan minyak terbesar di Indonesia dengan kapasitas 30-40 ribu barel per hari. Berbahaya memang karena letak Ambalat yang merupakan bagian terluar batas negara Indonesia sehingga sangat rawan untuk memicu konflik perbatasan dengan negara tetangga, yaitu Malaysia yang kita tahu sangat berambisi sekali untuk “merebut” atau “memperluas” teritorialnya apalagi daerah yang berpotensi untuk “direbut” tersebut kaya akan minyak.

Di Ambalat sendiri, TNI dari Marinir dan unsur-unsur Angkatan Bersenjata Tentara Nasional Indonesia selalu siap siaga guna menghadapi kemungkinan terburuk dari negara tetangga tersebut. Ironis memang, di saat-saat seperti sekarang ini, dimana penjajahan harus dihapuskan dari muka bumi, nyatanya kita masih melihat hal-hal seperti ini terjadi. Seperti kita ketahui, negara tetangga kita itu gemar sekali untuk memprovokasi pada perbatasan yang benar-benar rawan konflik tersebut. Terbilang (seperti di berita) pada tahun 2008, 26 kali kapal Tentara Diraja Laut Malaysia melanggar kedaulatan perbatasan negara Indonesia dan pada tahun 2009 ini telah 11 kali melintasi perbatasan Indonesia. Menurut detiknews.com, kapal Tentara Diraja Laut Malaysia tidak hanya melintasi perbatasan, tetapi juga menangkap nelayan-nelayan yang ada di perairan tersebut. Lha kok?? Nelayan kita ditangkep di laut sendiri oleh tentara asing??

Tentunya kita berharap para TNI dari unsur Marinir dan lainnya dapat berpikir jernih, menahan emosi, dan juga bertindak dengan matang dan jangan termakan oleh provokasi-provokasi yang dilancarkan oleh Tentara Diraja Laut Malaysia tersebut walaupun diperlukan tindakan tegas dari Indonesia dan Tentara untuk mengakhiri “tindakan main-main” dari Malaysia tersebut.

 

5 thoughts on “Indonesia Vs Malaysia pada Konflik Ambalat

  1. aku akan selalu dukung negara tercintaku indonesia…. hidup indonesia, hapuskan segala penjajahan yang menerpa negara tercinta kita…….
    Indonesia merupakan negara yang baik di dunia, dan indonesia se3lalu menjunjung tinggi rasa persaudaraan diantara negara-negara di dunia, tapi apabila ada yang merugikan bangsa indonesia, harus bertindak lebih cepat, untuk kemakmuran bangsa dan negara….
    I LOVE INDONESIA,………….
    INDONESIA
    CINTA..CINTA INDONESIA
    negeri bagaikan permata, persada bermandi cahaya, oh tanah air beta nan elok rupawan, inilah senandung pujaan…… INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s