Global Warm : Perubahan Iklim terhadap Kesehatan

Terjadinya perubahan iklim yang drastis secara global telah menjadi topik yang sangat hangat beberapa tahun terakhir ini. Dampak yang ditimbulkan dari perubahan itu memang sangat mengkhawatirkan. Perlu tindakan sesegera mungkin untuk mencegah semakin buruknya kondisi tersebut di masa yang akan datang.

Global Warming taken from science.howstuffworks.com
Global Warming taken from science.howstuffworks.com

Isu mengenai dampak perubahan iklim global memang sangat menyedot perhatian banyak orang. Baik di negara maju maupun di negara berkembang termasuk Indonesia, global warming memang sangat mengkhawatirkan terutama bagi kesehatan dan lingkungan. Tiap individu dari kita harus turut berperan aktif dalam pengendalian lingkungan dimana kita harus memahami dan peduli dampak dari perubahan iklim tersebut.

Unsur-unsur Perubahan Iklim yang dapat dikenali adalah munculnya fenomena adanya :

  • peningkatan suhu global
  • ketidakpastian musim
  • kekeringan yang berkepanjangan
  • permukaan es kutub utara yang makin tipis
  • kebakaran hutan
  • dan banjir terus-menerus

Hal-hal diatas tidak hanya berpengaruh kepada lingkungan tapi juga pada kesehatan dan kehidupan manusia dalam skala global, baik langsung maupun tidak langsung. Perubahan suhu yang ekstrim berhubungan dengan peningkatan anka kesakitan dan kematian seperti heatstroke dan frozenbite. Perubahan suhu tersebut disertai dengan kelembapan dan kecepatan angin yang meningkat juga dapat memperbanyak populasi, memperpanjang umur, dan memperluas penyebaran ‘calo penyakit’, contohnya nyamuk, dimana sekarang ini banyak terdapat kejadian Demam Berdarah (DBD). Perubahan iklim menyebabkan terjadinya banjir, badai, longsor, dsb yang bencana tersebut mempengaruhi keterbatasan penyediaan air bersih, sanitasi, dan masalah pangan yang akan menimbulkan masalah gizi dan menyebabkan penyakit yang terbawa oleh air (water borne diseases) dan makanan (food borne diseases).

Selain daripada itu, perubahan iklim juga mempengaruhi radiasi sinar UV dan pencemaran udara yang dapat menimbulkan alergi dan infeksi pernapasan.

Usaha yang harus kita lakukan demi mengurangi dampak dari Global Warming ini adalah dimulai dengan yang terkecil, yaitu mengurangi pemakaian AC, tidak merokok, dan membuang sampah pada tempatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s